5 Tips Merawat Kucing Senior

Oct 19, 2017

Berapa umur kucingmu? Pada umumnya, kucing bisa dikatakan dewasa saat berumur 1 tahun dan memasuki usia senior ketika berusia 12 tahun. Salah satu tanda paling umum yang menunjukkan jika kucing masuk usia ‘senja’ adalah berkurangnya aktivitas fisik. Seperti contoh, keinginan untuk bermain yang menurun drastis serta berkurangnya nafsu makan. Namun, perubahan ini juga tidak sepenuhnya dilatar belakangi oleh usia. Semua kembali lagi pada kecukupan nutrisi makanan, jenis ras dan lingkungan tempat tinggal. Sebab, terdapat juga kucing yang sudah cukup senior namun masih aktif dan juga lincah.

Untuk menjaganya agar tetap sehat dan lincah meski sudah memasuki usia senior, ada beberapa tips merawat kucing usia senior yang bisa kamu coba terapkan. Berikut adalah tips merawat kucing senior tersebut!

1. Beri minum lebih banyak

Sulit minum adalah masalah yang sering kali dialami oleh kucing usia senior. Jika dibiarkan, hal ini bisa memicu timbulnya dehidrasi. Apalagi fungsi organ tubuhnya tidak lagi sebaik kucing yang masih tergolong muda. Untuk mengatasi hal ini, maka kucing usia senior sebaiknya diberi pakan yang basah sehingga kebutuhan akan airnya dapat terpenuhi.

2. Rutin cek ke dokter hewan

Saat kucing memasuki usia senior, lakukanlah check up yang lebih intens dengan dokter hewan untuk memastikan kesehatannya. Sebab pada usia ini, kemungkinan munculnya penyakit kronis akanlebih tinggi.

3. Perhatikan pola makan

Kucing usia senior akan semakin mengalami peningkatan berat badan jika pola makannya tidak dikontrol dengan baik. Pilihlah makanan dengan kalori yang disesuaikan, lalu berikan dengan porsiyang tepat. Bantu juga dalam perawatannya dengan mengajaknya berolahraga bersama.

4. Jaga kebersihan rambut dan kuku

Walau sudah memasuki usia senior, bukan berarti kebersihan pada rambut dan kukunya diabaikan begitu saja. Sisir rambut kucing setiap hari untuk membersihkan dari kotoran yang menempel. Kuku kucing usia senior pun butuh perhatian lebih dengan rajin memotong kukunya sebelum memanjang dan pecah-pecah.

5. Hindari stres

Tips merawat kucing usia senior yang terakhir yaitu dengan mengusahakannya terhindar dari stres. Stres hanya akan membuatnya enggan untuk makan, beraktivitas, serta menurunkan sistem imun yang akanberpengaruh pada kesehatannya. Oleh karena itu, kucing usia senior memerlukan perhatian lebih dari pemiliknya. Luangkanlah waktu setidaknya beberapa jam untuk selalu berada di sampingnya, sembari memberikan sentuhan fisik yang membuatnya terus merasa nyaman.

 

Makanan terbaik untuk kucing usia senior

Secaraalami, kucing usia senior akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh dan kemampuan asimilasi. Selain nafsu makan yangberkurang, mengunyah makanan pun bahkan menjadi lebih sulit. Dukung perubahan kondisinya ini dengan memberinya nutrisi kesehatan yang tepat dari Royal Caninuntuk kucing senior. Selain memiliki keunggulan dengan tekstur yangdisesuaikan dengan kondisi gigi, produk Royal Canin untuk kucing senior juga kaya akan Antioksidan sebagai perlindungan dari efek penuaannya juga palatabilitas tinggi untuk memastikan kucing senior kamu suka dengan makanannya.Memiliki kucing usia senior memang membutuhkan perhatian ekstra. Meski rata-rata usia kucing adalah 14 tahun, namun bukannya tidak mungkin jika ia bisa hidup lebih lama. Selamat mencoba kelima tips merawat kucing usia senior di atas ya, Pet Mates.