Posted on Dec 18, 2017

Jangan Bingung, Ini 4 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Pernahkah kucing peliharaan kamu secara mendadak tidak mau makan? Tentunya bila kamu pernah memiliki pengalaman seperti itu menjadi permasalahan tersendiri sebagai Pet Mates. Perlu diketahui jika kucing berbeda dengan hewan lainnya. Kucing termasuk hewan yang mudah terkena penyakit bila tidak makan dalam satu hari saja. Bila kucing tidak makan organ hatinya bisa rusak, bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan hilangnya nyawa kucing kamu. Sebagai Pet Mates kamu harus mengetahui faktor penyebab kucing tidak mau makan. Berikut ini kondisi  yang bisa saja dialami oleh kucing yang tidak mau makan :

 

Makanan 

Bisa jadi penyebab kucing tidak mau makan dipengaruhi oleh jenis makanan. Hal ini bisa saja terjadi bila kamu selalu memberi makanan yang sama pada kucing setiap hari, sehingga membuatnya merasa bosan. Penyebab kucing tidak mau makan bisa juga dipengaruhi karena kucing kamu tidak menyukai makanan yang diberikan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengubah waktu makan kucing kamu dan memberi mereka makanan berkualitas tinggi seperti Royal Canin. Misalnya dengan mengubah diet mereka secara bertahap dari makanan berkualitas rendah ke makanan premium seperti Royal Canin.

 

Selama 1 minggu kamu bisa sajikan campuran makanan lama dan baru. Caranya dengan memberikan makanan baru sebanyak 25% ke dalam makanan yang biasa dia makan dan perlahan-lahan tingkatkan persentase makanan baru selama tujuh hari. Pada hari ke tujuh kamu sudah memberi makanan baru secara keseluruhan. Namun perubahan aturan makan ini bisa menyebabkan gangguan perut jangka pendek pada kucing. Tapi jangan khawatir karena ini dianggap normal. Selain itu, solusi yang bisa kamu lakukan dengan mencampur tekstur antara makanan kucing yang kering dan basah. 

 

Tidak Suka Lokasi Tempat Makan

Memberi makan kucing juga harus mempertimbangkan tempat terbaik agar kucing bisa nyaman menikmati makanan yang diberikan. Hal ini karena penyebab kucing tidak mau makan bisa dipengaruhi oleh lokasi tempat mereka makan. Ada sebagian kucing yang tidak suka dengan suasana ramai sehingga ia tidak nyaman. Bisa juga karena mangkuk makanan kucing yang kamu letakkan terlalu dekat dengan kotak sampah sehingga mereka tidak menyukainya. 

 

Ada Hewan Lain yang Mengganggu

Masalah lain yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan bisa dipengaruhi oleh adanya hewan peliharaan lain di rumah yang mencuri makanannya atau membuat kucing kamu takut sehingga ia tidak mau makan.

 

Adanya Penyakit yang Diidap Kucing

Bisa jadi penyebab kucing tidak mau makan dipengaruhi oleh penyakit atau gangguan yang sedang diidap. Hilangnya nafsu makan bisa diperparah dengan adanya masalah sistem pencernaan seperti diare, sembelit, muntah, lemas, atau penurunan berat badan yang dialami oleh hewan kesayangan kamu. Biasanya masalah pencernaan timbul karena adanya benda asing yang masuk ke dalam tubuh kucing seperti parasit atau yang lainnya. 

 

Sebaiknya pantau semua ini dan pertimbangkan untuk mengubah pengaturan waktu makan agar nafsu makan kucing kembali pulih. Untuk lebih memastikan lagi, kamu bisa berbicara dengan dokter hewan untuk memeriksa kondisi kucing dan memberikan pengobatan yang tepat untuk membantu memulihkan kesehatannya kembali. 

Loading ...