Posted on Oct 19, 2017

3 Cara Terbaik Memilih Makanan Kucing

Kucing, siapa yang tidak senang saat melihatnya? Hewan karnivora yang beribu abad lalu pernah diagung-agungkan masyarakat Mesir ini memang terkenal lucu dan menggemaskan. Belum lagi tingkah lakunya yang sangat menghibur. Maka dari itu, banyak orang pada akhirnya menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan yang amat istimewa.  

Sebagai pecinta kucing, tentu setiap pemilik harus dengan sepenuh hati berkomitmen untuk merawatnya sebaik mungkin. Apalagi kalau kucingmu berumur di bawah 6 bulan atau memiliki ras khusus. Salah satu aspek terpenting dari perawatan tersebut yakni soal makanan. Ya, kucing bisa makan sekitar 12 - 18 kali sehari, dengan total waktu makan sekitar 30 menit. Dengan fakta tersebut, sudah jelas bahwa makan merupakan kebutuhan sehari-hari kucing yang paling wajib untuk dipenuhi. 

Lantas, bagaimana cara memenuhi kebutuhan sehari-hari kucing dengan makanan yang tepat? Berikut aturan yang ideal dalam memilih dan memberi makan kucing kesayangan.

1. Pilih Makanan Sesuai Ras

Dalam memilih makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kucing, pastikan kalau makanan tersebut sesuai dengan rasnya. Kebutuhan kucing ras seperti Maine Coon, Persia, atau Sphinx tentu berbeda sesuai konstitusi dan perawakan mereka. Sebagai contoh, Sphinx akan memerlukan diet energi tinggi untuk mempertahankan berat, bentuk badan juga panas tubuhnya. Berbeda dengan Persia, kucing yang berasal dari Iran ini harus diberi makanan dengan nutrisi yang mampu menjaga berat badan serta keindahan rambut panjangnya. Itulah mengapa dalam memberi makanan sesuai ras kucing perlu kamu pertimbangkan sejak awal memelihara.

 

2. Pilih Makanan Sesuai Umur

Rata-rata kucing dapat hidup hingga 14 tahun. Akan tetapi bukan tidak mungkin kucing kesayangan kamu bisa berumur lebih panjang dari itu. Memenuhi kebutuhan sehari-hari kucing melalui makanan terbaik juga harus disesuaikan dengan umurnya. Jika kucing masih berumur di bawah 1 tahun, berilah ia makanan yang diformulasikan untuk anak kucing (kitten). Sebab sama halnya seperti manusia, anak kucing membutuhkan nutrisi lebih demi tumbuh kembang yang baik. Untuk kucing berumur lebih dari 7 tahun, makanan kucing dengan kategori senior sangat dianjurkan. Tahukah kamu kalau penuaan pada kucing selalu disertai penurunan sistem pertahanan kekebalan tubuh dan penurunan kemampuan asimilasi, serta hilangnya nafsu makan? Bahkan, mengunyah pun menjadi lebih sulit. Kondisi tersebut sebaiknya didukung oleh nutrisi kesehatan khusus untuk memperpanjang umurnya. Keunggulan lain dari makanan tersebut adalah tekstur yang disesuaikan, dan palatabilitas tinggi.

 

3. Pilih Makanan Sesuai Sensitivitas

Jangan lupa juga pertimbangkan sensitivitas yang mungkin kucingmu miliki. 70% dari kucing yang berumur lebih dari 3 tahun sering bermasalah dengan giginya. Penyakit ini terkadang luput dari perhatian pemilik, sementara rasa sakit dirasakan kucing dapat berdampak buruk terhadap kesehatannya. Pilih makanan dengan kibble yang ukuran dan tekstur tertentu sehingga mendorong kucing untuk mengunyah  dan memungkinkan makanan “menyikat secara mekanis” permukaan gigi dan memperlambat perkembangan plak (karang gigi).

Penuhi Kebutuhan Sehari-hari Kucing, Pilih Royal Canin

Memenuhi kebutuhan sehari-hari kucing ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Terlebih jika kamu sudah mengetahui cara memberi makanan yang tepat seperti pada tips di atas. Semua nutrisi dengan kualitas yang dibutuhkan dari makanan tersebut hanya akan kamu temukan jika memilih Royal Canin. Mengapa harus Royal Canin? Royal Canin sangat direkomendasikan oleh para veterinarian (dokter hewan),mengingat kandungannya dianggap mampu mengakomodir kesehatan kucing. Selain hadir dalam beragam varian seperti untuk kitten, adult, mother & babycat, hingga ras kucing tertentu lainnya, Royal Canin juga mudah didapat dalam berbagai ukuran di berbagai pet shop seluruh Indonesia.

Loading ...