Posted on Oct 19, 2017

5 Cara Membersihkan Anak Kucing

Kucing dikenal sebagai makhluk yang sangat menggemaskan. Tak heran banyak orang yang memilikinya sebagai teman di rumah. Biasanya anak kucing menjadi pilihan karena sifatnya yang masih senang bermain. Memiliki kucing bukan hanya mempertimbangkan kesukaan atau kesenangan saja, namun tentu saja harus mempertimbangkan banyak hal khususnya kelangsungan hidup kucing itu sendiri. Salah satunya yaitu cara membersihkan anak kucing.

Cara membersihkan anak kucing dalam hal ini bukan soal memandikannya saja. Tetapi juga mengetahui bagian tubuh lain dari anak kucing yang membutuhkan perhatian khusus terutama kebersihannya. Menyisir rambut, memotong kuku, membersihkan mata dan telinga, serta perawatan gigi adalah cara membersihkan anak kucing lain yang harus dilakukan teratur. Kegiatan ini berperan banyak untuk menjaga kesehatan, meningkatkan kualitas hidupnya, bahkan memperpanjang umur anak kucing kesayanganmu.

Lalu, bagaimana cara membersihkan anak kucing dengan tahapan lebih detail seperti yang disebutkan di atas? Berikut ini ulasannya untuk kamu ya Pet Mates!

1. Sisir rambut kucing

Menyisir rambut anak kucing setiap hari merupakan  perawatan dasar yang harus dilakukan mengingat hewan ini, khususnya yang berasal dari ras yang memiliki ciri rambut panjang dan memiliki kemampuan terbatas untuk merawat rambut mereka sendiri misalnya kucing Persia. Idealnya, rambut kucing Persia harus disisir dengan sisir khusus berbahan logam, minimal dua kali sehari. Tujuannya yaitu agar rambut-rambut nya tidak menggumpal, tetap bersih, dan berkilau.

 

2. Bersihkan matanya

Pernahkah kamu melihat anak kucing mengeluarkan air mata? Hal tersebut bukan berarti kucing tersebut sedang mengalami sakit mata lho.Maka dari itu, pastikan kamu juga selalu menyediakan tisu yang sesuai untuk membersihkan mata dan daerah hidung mereka yang cenderung masih sensitif.

 

3. Potong kuku kucing

Cara membersihkan anak kucing selanjutnya yaitu dengan memotong kukunya. Caranya sangat mudah, pertama tutup kepala anak kucing kamumenggunakan handuk lalu tekan lembut jari kucing untuk mengeluarkan kukunya. Setelah itu, potong satu demi satu kukunya menggunakan gunting kuku khusus.

 

4. Gosok giginya

Untuk kesehatan mulut dan gigi, rutinlah untuk menyikat giginya untuk  mencegah pembentukan karang gigi/tartar. Kamu bisa menggunakan pasta dan sikat gigi khusus kucing. Hal ini penting untuk selalu dilakukan, sebab kebersihan dan kesehatan gigi sangat mempengaruhi kesehatannya secara menyeluruh. Terlebih 2 dari 3 kucing sering mengalami masalah pada mulut dan gigi seperti bau nafas yang kurang sedap, pembentukan karang dan gigi keropos.

 

 

5. Rawat kebersihan telinga kucing

Sebagai pemilik kucing yang amat menyayanginya, kebersihan telinga kucing juga tak boleh luput dari perhatianmu. Bersihkan telinga kucing dengan menggunakan baby oil dan cotton bud secara perlahan hingga besih, sembari meminta bantuan orang lain untuk ikut mengusap tubuh anak kucing tersebut agar ia tetap merasa nyaman.

 

 

Itulah kelima cara membersihkan anak kucing yang bisa kamu lakukan kapanpun tanpa harus pergi ke pet shop. Ingatlah bahwa kebersihkan tubuh mereka akan sangat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhannya kelak. Maka penting untuk membiasakan segala bentuk perawatan tersebut sedari kecil, agar ketika tumbuh dewasa mereka sudah terbiasa dan tak lagi kaget.

 

Loading ...