Ketahui Tanda Alergi pada Anjing Berikut Ini

Dec 18, 2017

Pernahkah kamu memperhatikan anjing kamu menggaruk badan lebih sering dari biasanya? Bisa jadi anjing kamu sedang mengalami alergi terhadap sesuatu di lingkungan sekitar mereka. Alergi adalah reaksi yang terjadi secara berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh akibat sesuatu yang menyentuh tubuh dan biasanya istilah ini dikenal dengan sebutan alergen. Alergi bisa bersumber dari makanan, parasit, kutu, rumput, pembersih tubuh, atau produk rumah tangga, dan lain-lain. Reaksi alergi bisa terjadi di satu tempat saja, menyeluruh, dan bisa terjadi secara cepat atau lambat.

Tanda alergi pada anjing yang sering muncul adalah masalah kulit, gangguan telinga, dan pencernaan. Beberapa tanda alergi pada anjing yakni:

1. Iritasi pada kulit yang gejalanya ditandai dengan sering menggaruk-garuk tubuhnya sendiri. 

2. Kemerahan atau peradangan (ruam).

3. Anjing menunjukkan kegelisahaan.

4. Anjing merasa lesu.

5. Iritasi pada kaki atau diantara jari kaki, paha atau daerah pinggul, di bawah leher dan dagu, di belakang kaki depan serta ketiak.

6. Terdapat benjolan-benjolan.

7. Mata anjing yang memerah.

8. Bersin-bersin.

Biasanya anjing yang terkena alergi akan melakukan beberapa hal untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakannya seperti sering menggaruk di daerah tertentu, berguling-guling di lantai atau tanah, dan menjilati daerah yang mengalami alergi. 

Untuk anjing yang mengalami alergi makanan, biasanya tanda alergi pada anjing yang terjadi lebih menyerang ke pencernaan, iritasi telinga, dan gangguan kulit. Tanda alergi pada anjing akibat dari makanan adalah muntah, diare, perut kembung, menurunnya nafsu makan dan berat badan, gatal-gatal, dan lain-lain. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan pada tubuh anjing, khususnya pemeriksaan pada telinga, kulit, dan cakar mereka. Ketiga wilayah ini bisa menunjukan  tanda alergi pada anjing. 

Telinga 

Tanda alergi pada anjing bisa diketahui lewat infeksi telinga yang dialami oleh hewan kesayanganmu tersebut. Tanda alergi pada anjing yang bisa terlihat adalah ia sering menggaruk telinga, muncul bau yang kuat dari telinga, penipisan rambut di sekitar telinga, dan sering menggelengkan atau kepalanya gemetar.

Kulit

Tanda alergi pada anjing  juga bisa terlihat dari reaksi kulit seperti, gatal, rambut rontok, dan kulit kemerahan. 

Cakar

Cakar merupakan area sensitif untuk anjing. Kamu harus mewaspadai jika ia mengunyah berlebihan, menjilati cakar, cakar  berwarna kemerahan, atau ia merasa nyeri.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk menangani masalah alergi pada anjing adalah dengan mengunjungi dokter hewan. Alergi  tidak bisa disembuhkan, tapi bisa diatasi dengan berbagai cara salah satunya dengan mengubah diet untuk menguatkan kulit. Namun ada juga yang membutuhkan pengobatan khusus.

Untuk alergi anjing yang disebabkan karena makanan, bisa dilakukan dengan mengubah makanan yang diberikan pada anjing kamu. Beberapa perusahaan makanan anjing menyediakan makanan baru, yang khusus diberikan pada anjing yang sedang mengalami alergi. Makanan ini bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk hewan berkaki empat tersebut yang alergi terhadap bahan makanan tertentu seperti ayam, daging sapi, bahan yang terbuat dari susu, gandum, dan lain-lain. 

Salah satu makanan khusus anjing yang sedang mengalami alergi khususnya alergi kulit, kamu bisa memberikan Royal Canin Hypoallergenic. Makanan ini diberikan untuk anjing dengan masalah alergi makanan atau tidak cocok dengan bahan makanan tertentu yang menyebabkan adanya masalah di kulit seperti gatal-gatal, kulit bersisik, dan lainnya. Untuk mengetahui lebiih lengkap terkait makanan anjing, kamu bisa mencari informasinya di www.royalcanin.co.id.